Loading...

Turangga 4X4 APC, Kendaraan Tempur Taktis Dalam Negeri yang Menjadi Kebanggan Indonesia

Selain panser Anoa, Indonesia juga memiliki kendaraan angkut personel (APC) lain yang tak kalah gaharnya. Adalah sosok Turangga 4X4, rantis tempur buatan PT Karya Tugas Anda yang selama in dikenal sebagai karoseri. Jika dilihat sekilas, kendaraan militer ini mirip dengan Marauder buatan Paramount Group, Afrika Selatan.
Sebagai mobil tempur militer buatan anak bangsa, Turangga telah didesain secara khusus untuk memenuhi kebutuhan anggota militer di Indonesia. Spesifikasi dan kemampuan yang diberikan pun, tak kalah dengan APC buatan luar negeri. Tak heran, jika akhirnya Paskhas TNI AU tertarik untuk memilikinya.

Dibuat oleh divisi pertahanan PT Karya Tugas Anda

Turangga APC yang dibauat oleh PT Karya Tugas Anda [sumber gambar]
Selama ini, PT Karya Tugas Anda dikenal luas pada produknya di bidang karoseri. Lewat divisi TAD (Tugas Anda Defence), mereka telah berhasil sebuah kendaraan angkut personel (APC) yang bernama Turangga 4×4. Mirip dengan panser Anoa buatan PT Pindad, rantis ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi yang sesuai untuk mendukung kinerja pasukan militer. Dilansir dari indomiliter.com, kendaraaan ini bahkan telah dilirik oleh Korps Paskhas TNI AU.

Dirancang secara spesifik untuk tugas-tugas militer

Turangga dirancang untuk mendukung kegiatan militer [sumber gambar]
Sesuai fungsinya, Turangga memang dipergunakan untuk mendukung kegiatan personil militer. Sumber dari indomiliter.com menuliskan, operasi seperti mengangkut pasukan, dan menjadi kendaraan serbu. Selain itu, jakartagreater.com juga menyebutkan, Turangga juga dirancang untuk operasi mobilitas kecepatan tinggi seperti Quick Reaction Force, dan tugas pengawalan (Convoy Escort). Hal ini terlihat dari kapasitasnya yang mampu diisi oleh 10 orang personel bersenjata lengkap, plus dukungan dari operator senjata yang dilengkapi kubah semi tertutup.

Spesifikasi Turangga yang tak kalah dengan rantis buatan luar negeri

Turangga APC yang tak kalah dengan buatan luar negeri [sumber gambar]
Tak salah bila anggota Baret Jingga Paskhas tertarik dengan kendaraan ini. Dilansir dari indomiliter.com, sekujur bodi Turangga 4×4 dilengkapi proteksi CEN Level B6, di mana hal tersebut mampu melindungi pasukan dari terjangan proyektil kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm. Mesinnya sendiri menggunakan jenis turbo diesel 6.700 cc V8 buatan Ford, dengan tenaga 400 hp dan torsi 1.085 Nm yang diteruskan via transmisi otomatis 6 percepatan. Dengan ukuran ground clearance (dari tanah ke atas) 650 mm yang menggunakan konstruksi V hull dari sasis Ford F550, Turangga terlihat sangat gagah sebagai APC.

Bakal dilengkapi senjata untuk mendukung gerak pasukan

Turangga APC pesanan Paskhas TNI AU yang bakal dilengkapi dengan persenjataan [sumber gambar]
Sebagai kendaraan angkut personel, Turangga juga dilengkapi berbagai persenjataan untuk mendukung atau melindungi pasukan yang ada. Sumber dari indomiliter.com menuliskan, senapan mesin berat kaliber 12,7 mm dan pelontar granat otomatis 40 mm, bisa dipasang pada kendaraan yang telah dilengkapi hatch(palka penutup) upper gun mounting. Untuk perlindungan operator penembak, sebuah kubah semi tertutup disertakan pada Turangga.

Menjadi alutsista kebanggan Indonesia

Turangga bakal menjadi kendaraan kebanggan Indonesia [sumber gambar]
Keberadaan Turangga, turut mewarnai alutsista Indonesia yang kini semakin beragam jumlahnya. Khusus untuk kendaraan darat, Indonesia telah memiliki Anoa, Tank medium Harimau Hitam, Panser Sanca dan Badak, serta kendaraan lainnya. Jika kualitasnya terus ditingkatkan, bukan tidak mungkin Indonesia bakal menjadi salah satu negara pemasok alutsista darat di dunia. Khususnya wilayah Asia.
Sejatinya, Indonesia memiliki banyak talenta-talenta di bidang alutsista. Keberadaan Turangga di atas, adalah salah satu bukti nyata dari hal tersebut. Hal ini juga bisa menjadi penyemangat dan pembuktian, bahwa Indonesia secara perlahan mampu menjadi negara mandiri untuk pengadaan alutsista. Khususnya kendaraan darat. Hebat ya Sahabat Boombastis.

sumber boombastis.com


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Turangga 4X4 APC, Kendaraan Tempur Taktis Dalam Negeri yang Menjadi Kebanggan Indonesia"

Posting Komentar